Skip to main content

Penting nya Membentuk Komunitas Blogger

Setelah mengetahui manfaatnya memiliki Blog, kini kita akan membahas ‘Penting gak sih.. membentuk komunitas Blog..?’

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Apa manfaat nya Komunitas Blogger ?
Banyak Sekali manfaat yang didapatkan dari komunitas blogger :
  1. Kekayaan tidak hanya uang dan harta tapi social network aset , termasuk 'Komunitas Blogger adalah aset yang sangat berharga' yang dimliki seseorang
  2. Komunitas Blogger sebagai Citizen Journalism, merupakan media informasi milik warga dibentuk untuk kepentingan bersama.
  3. Komunitas dalam 'kebersamaan' dapat 'berbagi' informasi, sharing konwledge, dan menggalang kepedulian terhadap lingkungan maupun korban bencana alam.
  4. Bagi Blogger yang mencari uang dengan blognya juga dapat meningkatkan penghasilan bisnisnya dengan saling bertukar informasi dan link
  5. dan masih banyak lain nya.....kalau ada yg ingin menambahkan silahkan di tambahkan dan di share..:)
Mengingat betapa penting nya sebuah 'Komunitas' ...... tunggu apalagi..!! mari kita sama-sama membentuk "Komunitas Blogger Tangsel" sebagai media informasi dan komunikasi warga yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dengan Tangerang Selatan ....

"Citizen Journalism, the real future of news and information"
Citizen Journalism yaitu media informasi dengan konten yang dibuat oleh individu, warga atau masyarakat. Mark Glaser, seorang Jurnalis Frelance dalam tulisannya di new media issues (2006) , mengatakan:

The idea behind citizen journalism is that people without professional journalism training can use the tools of modern technology and the global distribution of the Internet to create, augment or fact-check media on their own or in collaboration with others. For example, you might write about a city council meeting on your blog or in an online forum. Or you could fact-check a newspaper article from the mainstream media and point out factual errors or bias on your blog. Or you might snap a digital photo of a newsworthy event happening in your town and post it online. Or you might videotape a similar event and post it on a site such as YouTube.
Semangatnya sama dengan public journalism atau civic journalism yang terkenal pada tahun 80-an. Yaitu jurnalisme kini bukan lagi sebuah ranah yang semata-mata dikuasai (diproduksi, dikelola, dan disebarluaskan oleh institusi media, atas nama bisnis ataupun kepentingan politis) oleh para jurnalis.

Pesta Blogger Indonesia semakin membuktikan betapa kuatnya seruan citizen journalism. dengan makin banyak nya Blog-blog yang dibuat setiap harinya dan terbentuknya Komunitas blogger di mana-mana.


Berikut ini Komunitas Blogger yang sudah ada :

  • Komunitas Blogger Daerah

  • Komunitas Blogger Kampus

  • Komunitas Blogger Non-Daerah

  • Comments

    Popular posts from this blog

    Pendidikan Gratis: Membangun Generasi Berkualitas

     "BANTEN BERSATU, NI'MATUS MEMIMPIN!  Suara Anda adalah kekuatan persatuan. Dukung Caleg PPP Tangsel, Banten, untuk merajut kebersamaan yang kuat!  #NiMatusBantenUnity #PPPforTangsel #BantenHebat" Lihat postingan ini di Instagram Sebuah kiriman dibagikan oleh Ni'matus Sa'adah (@atusaadah) "SIAP-SIAP BANTEN BANGKIT!   Suara Anda Punya Peran! Dukung Ni'matus Sa'adah, Caleg PPP Tangsel, Banten untuk Mewujudkan Mimpi Bersama! #NiMatusBantenMaju #PPPforTangsel #BantenLebihBaikBersama" **Partai Persatuan Pembangunan (PPP): Menuju Masyarakat Berkualitas dengan Program Unggulan** @nimatussaadah789 Ni'matus Sa'adah S.Pd untuk DPRD Provinsi, PPP No.urut 6   Selamat sore! Dalam kampanye yang dilakukan oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Pemilihan Legislatif DPRD Banten, Ustadzah Ni'matus Sa'adah, caleg nomor 6, membawa misi utama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program-program ung

    Daftar Blogger Tangerang Selatan (Tangsel)

    Salam Blogger, Bloger yang ada di Tangerang Selatan dan sekitarnya silahkan bergabung disini, mari kita "berbagi" sharing informasi dan Pengetahuan Serta "berbuat sesuatu yang bermanfaat" bagi kita maupun bagi Kota Tangerang Selatan Silahkan bergabung dan tinggalkan pesan, alamat URL Blog kamu pada kolom komentar dibawah ini... Terima kasih....