Skip to main content

Apa Manfaatnya Blog dan Blogwalking ?

Sebelum ada internet jika seseorang ingin menulis catatan pribadinya, maka dia akan membeli buku dan menuliskan pada catatan harian nya ('Diary’).

Catatan pribadi bisa berisi bermacam-macam topik, sastra, musik (lirik lagu), bisnis, agama, pendidikan dan lain sebagainya sesuai minat si individu.

Dengan adanya kemudahaan internet ‘semua orang di penjuru dunia terhubung ke jaringan internet’, dan catatan-catatan pribadi itu, kini bisa dituliskan secara mudah dan gratis di media blog seperti di Blogger.com atau Wordpress.com menjadi sebuah web milik pribadi (personal blog), blog perusahaan ataupun blog komunitas tanpa dibutuhkan keahlian programing khusus.

Semua kegiatan yang di catat (rekam) dapat berupa text(dokumen), image, slide presentasi, audio maupun video Visual secara gratis, sehingga semakin banyak orang yang memanfaatkan blog.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat blog, antara lain :


Blog Sebagai Media Aktualisasi Diri
Dengan personal blog anda dapat mengekspresikan diri anda, menunjukan siapa anda, apa yang anda pikirkan, apa yang menjadi perhatian, apa yang disenangi, dan apa yang dibenci, serta apa yang anda inginkan.

Blog sebagai sumber penghasilan
Seorang blogger, bisa mendapatkan penghasilan dari Advertising program, RSS advertising, Sponsorship, Program Afiliasi, dan lain-lain.

Blog membangun personal branding
Dengan blog anda dapat membangun personal branding, mempromosikan diri anda berdasarkan keahlian anda dan apa yang dapat anda lakukan, sehingga membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu, ini sangat penting karena dapat meningkatkan karir dan bisnis anda.

Popularitas blogging saat ini semakin meningkat. Di Amerika, banyak perusahaan kini mendapati blog sebagai satu cara baru mendapatkan calon pekerja yang mereka inginkan.

Dengan menelusuri blog-blog (blogwalking), perusahaan-perusahaan itu dengan mudah memperoleh calon pekerja potensial setelah mengamati isi blog mereka. Liz Lynch adalah pendiri Center for Networking Excellence, dan penulis buku 'Smart Networking.'

Lantas bagaimana cara membuat blog yang baik dan bisa menarik perhatian perusahaan? Lynch mengatakan, kita harus fokuskan blogging pada keahlian di bidang di mana perusahaan yang kita incar kemungkinan membutuhkan keahlian itu.

"Blogging bisa menjadi cara untuk menunjukkan keunggulan Anda dibanding para pesaing lain,” ujar Liz Lynch.

Melalui blog di internet, para perekrut bisa ’blogwalking’ mendapatkan informasi lebih jauh mengenai para pelamar. Blogger biasanya menuliskan secara panjang lebar mengenai kehidupan mereka, termasuk soal pekerjaan.

Dengan membaca blog, para perekrut mendapat kesempatan untuk tidak hanya mengetahui tingkat keahlian seseorang pada suatu bidang pekerjaan, tapi juga mengenali keahlian dan gaya menulis atau berkomunikasi calon pekerja.

Karena penduduk Indonesia adalah pengguna internet (facebook) terbesar nomor tiga di dunia, seperti yang di sampaikan dalam acara pesta blogger 2010, Maka Voice of America (VOA) ‘berani’ meyediakan media untuk para blogger menulis (citizen journalism) dan mengajak ‘blogging for VOA’, agar dapat saling tukar menukar informasi serta membuka kesempatan kerja bagi blogger bekerja di Amerika.

Silahkan mencoba mulai membuat blog anda, 'Ekspresikan dan Promosikan' diri Anda........ semoga bermanfaat.


Sumber: www.voanews.com
Foto : VOA Indonesia

Enhanced by Zemanta

Comments

Popular posts from this blog

Penting nya Membentuk Komunitas Blogger

Setelah mengetahui manfaatnya memiliki Blog , kini kita akan membahas ‘Penting gak sih.. membentuk komunitas Blog..?’ Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu. Apa manfaat nya Komunitas Blogger ? Banyak Sekali manfaat yang didapatkan dari komunitas blogger : Kekayaan tidak hanya uang dan harta tapi social network aset , termasuk 'Komunitas Blogger adalah aset yang sangat berharga' yang dimliki seseorang Komunitas Blogger sebagai Citizen Journalism, merupakan media informasi milik warga dibentuk u

Pendidikan Gratis: Membangun Generasi Berkualitas

 "BANTEN BERSATU, NI'MATUS MEMIMPIN!  Suara Anda adalah kekuatan persatuan. Dukung Caleg PPP Tangsel, Banten, untuk merajut kebersamaan yang kuat!  #NiMatusBantenUnity #PPPforTangsel #BantenHebat" Lihat postingan ini di Instagram Sebuah kiriman dibagikan oleh Ni'matus Sa'adah (@atusaadah) "SIAP-SIAP BANTEN BANGKIT!   Suara Anda Punya Peran! Dukung Ni'matus Sa'adah, Caleg PPP Tangsel, Banten untuk Mewujudkan Mimpi Bersama! #NiMatusBantenMaju #PPPforTangsel #BantenLebihBaikBersama" **Partai Persatuan Pembangunan (PPP): Menuju Masyarakat Berkualitas dengan Program Unggulan** @nimatussaadah789 Ni'matus Sa'adah S.Pd untuk DPRD Provinsi, PPP No.urut 6   Selamat sore! Dalam kampanye yang dilakukan oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Pemilihan Legislatif DPRD Banten, Ustadzah Ni'matus Sa'adah, caleg nomor 6, membawa misi utama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program-program ung

Daftar Blogger Tangerang Selatan (Tangsel)

Salam Blogger, Bloger yang ada di Tangerang Selatan dan sekitarnya silahkan bergabung disini, mari kita "berbagi" sharing informasi dan Pengetahuan Serta "berbuat sesuatu yang bermanfaat" bagi kita maupun bagi Kota Tangerang Selatan Silahkan bergabung dan tinggalkan pesan, alamat URL Blog kamu pada kolom komentar dibawah ini... Terima kasih....